12 Jul 2019

Japanese Cheese Cake ala Michael Lim

Japanese Cheese Cake, well sudah lama sekali penasaran sama cake ini, penasaran bikin maksudnya, kalau makannya sih dah pernah ya, cuma kok dari dulu beraninya cuma save resep tapi ga mulai mulai, haha.. ga tau juga masalahnya dimana, tapi memang sih bikin cake cake cantik itu mesti menguatkan keberanian dulu yah buat saya soalnya amatiran... hahaha... Padahal sudah sering banget bikin cake tapi beneran deh rasanya belum pernah puas hundred persen sama hasilnya, jadi masih aja penasaran gimana sih tips tips cantiknya, gimana sih para pakar kue bisa dengan mudahnya plak plek plek seperti bikin pisang goreng aja kayaknya kok mudah banget, padahal saya sendiri.... Hmmm wow banget rasanya, tapi ga pa pa lah.. saya orangnya ga mau menyerah sebelum berhasil, padahal ntar ntar kalau sudah bisa paling komen nya cuma "ealah.." mek gini tok aja 😁  oke yah, back to topik, jadi gini moms, ceritanya saya pengin banget bikin cake ini yang cara ngovennya pakai air namanya au bain marie, nah masalahnya lagi saya belum punya loyang yang ga pake sambungan alias loyang pres presan bikinan pabrik kata penjual nya, soalnya kan kalo loyang sambungan ini kadang suka merembes masuk airnya jadi kuenya bakal basah dan ga bisa jadi seperti yang kita harapkan dong, tapi mau nunggu beli loyang dulu kayaknya sudah kelamaan, keburu pengin bikin cake ini ya sudah, akhirnya saya bikin lah cake JCC ini dengan Bondo nekat katanya😁

Hmmm.. hmmn.. setelah uprek didapur ternyata saya bisa lho.. dari hasil Googling sana sini, kalau loyangnya sambungan bisa diakali dengan membungkusnya dengan aluminium foil, ya gitu deh,.. ada yang case nya kayak saya? mau kayak saya juga? yukk ah cuss πŸ‘Œ
Eh resep ini saya dapet dari Ig nya pakar kue lho, sambil bela belain nonton YouTub nya akhirnya saya bisa, assyiikkk πŸ‘πŸ‘πŸ‘ eh Alhamdulillah ya😘

Berikut ini resepnya:
Japanese Cheese Cake

Resep by : Michael Lim
Rebake by : @vida.kdc

Bahan A:
60 gr susu cair
140 gr cream cheese
40 gr mentega (saya pakai hollman butter)
50 gr tepung serbaguna (saya pakai segitiga)
16 gr tepung maizena
5 kuning telur

Bahan B:
5 butir putih telur
1/2 sdt cream of tartar (sy tambah sendiri)
100 gr gula pasir

Cara :
1. Panaskan oven 120dc api atas bawah masukkan loyang besar yang diisi air setinggi 1 cm
2.Campur susu, mentega dan cream cheese, aduk rata lalu panaskan hingga tercampur rata dan lembut
3. Tambahkan tepung dan maizena saat tepung masih panas, aduk hingga rata dan halus (tidak bergerindil)
4.Masukkan kuning telur , aduk hingga rata, sisihkan
5. Mixer putih telur dan cream of tartar hingga mulai berbusa, masukkan gula secara bertahap 3X aduk terus hingga adonan soft peak.
6. Masukkan adonan Putih telur ke adonan cream cheese secara bertahap 3X, aduk rata ya dengan cara aduk balik, tapi usahakan jangan over ya ngamuknya, biar adonan gak mati, lalu tuang adonan yang sudah tercampur rata ke loyang bulat ukuran 18 cm
7.Oven selama 20 menit 120 dc, lanjurlan dengan 150 dc selama 15 menit, lalu turunkan ke 100 dc selama 40 menit,... matikan oven dandboarkan didalam oben tertutup selama kirang lebih 10 menit ya, baru boleh dikeliarkan dari oven, dan potong jika sudah dingin.
Hwa.... Lama yah... Tapi it's okay, hasilnya worth it kok, Lega deh rasanya, bisa bikin JCC pakai au bain marie ini.

Jangan lupa dicoba bikin ya moms, detail gambar dan step stepnya bisa langsung meluncur kesini ya 😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar